Rabu, 20 Juli 2011

Silabus IPS berkarakter kelas 7 mts

SILABUS
MATA PELAJARAN IPS KELAS 7
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011


Guru IPS
Yudi Yudiarputra, S.Pd
NIP. 197105292006041004



KEMENTERIAN AGAMA KOTA CIMAHI
MTS NURUL FALAH IMHI






SILABUS
MTs : MTS NURUL FALAH CIMAHI
Kelas : VII(tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.

Kompetensi
Dasar Pendidikan
Karakter Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator
Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan. • Religius
• Berpikir logis
• Cinta ilmu
• Cinta lingkungan
• Peduli sosial Bentuk-bentuk muka bumi
a. bentuk relief permukaan bumi
b. Proses pembentukan relief muka bumi
c. Klasifikasi batuan penyusun kerak bumi
d. Gempa bumi
e. Tenaga eksogen (pelapukan, erosi, dan sedimentasi
f. Dampak positif dan Negatif Tenaga endogen, dan eksogen


Mengamati gambar bentuk relief permukaan bumi

Mengkaji proses pembentuan relief muka bumi


Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan penyusun kerak bumi yang ada di lingkungan sekitar
Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.
Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan, erosi dan sedimentasi
Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

Mengidentifikasi bentuk relief permukaan bumi

Mengidentifikasi proses pembentuan relief muka bumi

Mengidentifikasikan jenis batuan penyusun kerak bumi

Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.
Mendeskripsikan tentang proses pelapukan, erosi dan sedimentasi

Mengidentifikasi dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen. Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatap muka • Buku IPS yang relevan
• Atlas
• Gambar relief permukaan bumi
• Gambar jenis-jenis batuan
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
• Religius
• Ingin tahu
• Menghargai karya
• Nasionalis
• Menghargai keberagaman Kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia

a. Jenis manusia Zaman Pra aksara
b. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat masa praaksara
c. Hasil kebudayaan masa praaksara
d. Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia


. Dengan Atlas Sejarah dan foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra-aksara

Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi untuk menelaah kehidupan sosial ekonomi pada masa pra-aksara

Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi hasil-hasil kebudayaan pada masa pra aksara.

Mengkaji asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia melalui kajian pustaka

• Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara

• Mendeskripsikan perkembangan kehidupan sosial ekonomi pada masa pra- aksara

• Mengidentiifikasi hasil kebudayaan pada masa pra-aksara.

• Mendeskripsikan asal-usul nenek moyang bangsa INdonesia
Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatap muka • Buku IPS yang relevan
• Atlas Sejarah
• Foto –foto
• Gambar –gambar sejarah
• Musium
• Situs sejarah





Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi
Dasar Pendidikan
Karakter Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
2.1Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

• Toleransi
• Bersahabat
• Komunikasi
• Cinta Damai
• Peduli sosial
• Tanggung Jawab
Interaksi sebagai proses sosial
a. Jenis-jenis proses sosial
b. Pola-pola interaksi sosial

Mengidentifikasikan jenis-jenis proses sosial dalam kehidupan sehari-hari dan melalui kajian pustaka
Mengidentifikasi pola-pola interaksi sosial melalui kajian pustaka dan mengamati kehidupan sehari-hari
Mengidentifikasi jenis-jenis proses sosial


Mengidentifikasi pola-pola interaksi sosial


Tes tertulis, tes lisan, penugasan 1 x tatap muka • Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi
• Buku IPS yang relevan
• Surat kabar.
• Masyarakat

2.1 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

• Religius
• Kerjasama
• Peduli sosial
• Mandiri
• Kreatif Sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
a. pengertian sosialisasi
b. jenis media sosialisasi dan perannya
c. pengertian peran dan status sosial
d. fungsi sosialisasi dalam pem bentukan peran dan status sosial
e. Fungsi nilai dan norma sosial sebagai orientasi perilaku sosial
Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi.
Mengidentifikasi jenis media sosialisasi dan perannya melalui pengamatan lingkungan sekitar

Mengkaji pengertian peran dan status sosial
Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam pembentukan peran dan status sosial
Mengkaji fungsi nilai dan norma sosial sebagai orientasi perilaku sosial







Menjelaskan Pengertian sosialisasi.
Mengidentifikasi jenis-jenis media sosialisasi dan perannya.

Menguraikan pengertian peran dan status sosial
Mendeskripsikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan peran dan status sosial
Mendeskripsikan fungsi niali dan norma sosial sebagai orientasi perilaku sosial
Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatap muka • Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
• Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu 1, terbitan PT. Tiga Serangkai
• Surat kabar.
• Masyarakat

2.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

• Kerjasama
• Toleransi
• Jujur
• Demokratis Bentuk-Bentuk Interaksi sosial
a. Jenis-jenis interaksi sosial

b. Sikap dalam menghadapi keragaman hubungan

Tanya jawab tentang jenis-jenis interaksi sosial
Diskusi tentang sikap dalam menghadapi keragaman hubungan


Menjelaskan jenis-jenis interaksi sosial.
Mengidentifikasi sikap dalam menghadapi keragaman hubungan

Tes tertulis, tes lisan, penugasan 1 x tatapmuka  Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
 VCD
• Buku IPS yang relevan
 Surat kabar.
 Masyarakat

2.3 .Menguraikan proses interaksi sosial

• Kerjasama
• Toleransi
• Demokrasi
• Mandiri
Proses Interaksi sosial
a. Syarat-syarat interaksi sosial
b. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial

Tanya jawab tentang proses dan syarat-syarat interaksi sosial

Diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial





Mengidentifikasi syarat-syarat interaksi sosial

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial Tes tertulis, tes lisan, penugasan 1 x tatap muka  Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
 VCD
• Buku IPS yang relevan
 .
 Surat kabar.
 Masyarakat

Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan


Kompetensi
Dasar Pendidikan
Karakter Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
3.1. Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenui kebutuh-an

• Religius
• Kerjakeras
• Kreatif
• Toleransi Manusia sebagai Makluk Sosial dan Ekonomi
a. Pengertian manusia ekonomi (Homo Economicus)

b. Manusia sebagai makluk Ekonomi dan Sosial yang bermoral
c. Perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber Daya


 Tanyajawab mengenai pengertian manusia ekonomi (homoeconomicus)

 Mendiskusikan hakekat manusia sebagai makhluk ekonomi dan sosial yang bermoral

 Mengkaji tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya



• Menjelaskan pengertian manusia ekonomi (homo economicus)

• Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
• Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya Tes tertulis, tes lisan, penugasan 1 x tatap muka
















 Guru IPS
• Buku IPS yang relevan
 Lingkungan MTs
 Lingkungan
 Keluarga
 Lingkungan masyarakat



3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
• Religius
• Jujur
• Percaya diri
• Mandiri Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi
a. Tindakan ekonomi


b. Motif ekonomi



c. Prinsip ekonomi

Mendiskusikan tindakan ekonomi rasional yg dila-kukan manusia

Membaca literatur dan mendiskusikan macam – macam motif ekonomi dan contoh-contohnya

Membaca literatur dan mendiskusikan macam – macam motif ekonomi dan contoh-contohnya

Mendiskusikan tentang contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan prinsip ekonomi



• Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
• Mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi beserta contohnya

• Mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi beserta contohnya

• Mengaplikasikan kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi. Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka
• Guru PS
• Ekonomi

• Buku IPS yang relevan


• Keluarga

• Lingkungan masyarakat


Cimahi, Juli 2011
Kepala MTs Nurul Falah Cimahi Guru Mata Pelajaran,






Marthono, S.Ag Yudi Yudiarputra, S.Pd
NIP.195204121988031001 NIP. 197105292006041004
SILABUS
MATA PELAJARAN IPS KELAS 7
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011


Guru IPS
Yudi Yudiarputra, S.Pd
NIP. 197105292006041004



KEMENTERIAN AGAMA KOTA CIMAHI
MTS NURUL FALAH IMHI






SILABUS
MTs : MTS NURUL FALAH CIMAHI
Kelas : VII(tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2 (dua)

Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.

Kompetensi
Dasar Pendidikan
Karakter Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
4.1. Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan

• Religius
• Jujur
• Kerjakeras
• Kreatif
• Berpokir logis
• Peduli Sosial dan lingkungan Peta, Atlas, dan Globe
a. JEnis, Bentuk dan Pemanfaatan Peta



b. Informasi Geografis dari Peta, Atlas, dan Globe


c. Skala Peta


d. Cara memperbesar dan memperkecil Peta Menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.

Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta.

Mengamati peta, atlas, dan globe tentang informasi geografis yang ada di dalamnya.

Menelaah arti berbagai jenis skala yang terdapat pada peta.

Praktik memperbesar dan memperkecil peta dengan garis-garis koordinat.

• Membedakan peta, atlas, dan globe.
• Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
• Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
• Mengartikan berbagai skala.
• Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
Tes Lisan, tertulis dan penugasan 2 x tatapmuka Peta
Atlas
Globe
LKS
CD
• Buku IPS yang relevan

4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi

• Berpikir logis
• Cinta wilayah
• Menghargai Karya orang lain
• Melestarikan
Lingkungan
• Menghargai keberagaman

Sketsa dan Peta Wilayah
a. Peta


b. Skala untuk menghitung Jarak dan Luas
c. Mengonversi skala Peta
d. Menggolongkan Data Grafis menguraikan simbol-simbol peta
e. Membuat peta tematik objek geografi
Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi dari peta atau observasi lapangan.


Menghitung dan menentukan skala peta.

Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.

Praktik membuat peta tematik objek geogrfafi
• Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi.

• Menentukan skala peta.


• Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.

Membuat peta tematik objek geografi Tes Lisan, tertulis dan penugasan 2 x tatapmuka Peta
Atlas
Globe
LKS
• Buku IPS yang relevan

4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk • Religius
• Bergaya hidup sehat
• Sadar hak dan kewajiban
• Patuh pada aturan sosial Kondisi geografi dan Penduduk
a. Kondisi geografi


b. Adaptasi terhadap kondisi geografi


c. Letak geografis Indonesia
Membaca peta tentang kondisi geografis suatu wilayah.

Mendiskusikan adaptasi terhadap kondisi geografi


Mengamati peta untuk memnidentifikasi letak geografis Indonesia


• Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
• Mendeskripsikan adaptasi terhadap kondisi geografi.


• Mengidentifikasi letak geografis Indonesia Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka Peta Indonesia
Atlas
LKS
• Buku IPS yang relevan

4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan. • Religius
• Bergaya hiud sehat
• Kerjakeras
• Berpikir logis
• Cinta ilmu
• Pedulis social dan lingkungan
Atmosfer
a. Lapisan Atmosfer

b. Cuaca dan iklim
c. Iklim di Indonesia
d. Alat-alat pengukur Cuaca dan iklim
e. Beberapa informasi cuaca

Hidrosfer
a. Pengertian Hidrosfer

b. Perairan Darat

c. Perairan Laut

d. Manfaat air bagi kehidupan
e. Perairan wilayah dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

f. Pantai dan pesisir
g. Ekosistem Pantai dan Manfaatnya
Mengamati dan tanya jawab tentang keadaan udara di luar kelas untuk menyimpulkan sifat-sifat fisik admosfir bumi
Tanya jawab mengenai cuaca dan iklim
Mengamati alat-alat pengukur Cuaca dan iklim
Mendiskusikan berbagai informasi cuaca
Tanya jawab tentang pengertian hidrosfer
Mengamati gambar dan dan tanyajawab mengenai perairan darat.
Mengamati gambar dan dan tanyajawab mengenai perairan laut
Tanyajawab mengenai manfaat air bagi kehidupan.
Pengamatan gambar dan peta serta tanya jawab tentang zona ekonomi ekslusif
Membaca referensi mengenai pantai dan pesisir
Mengkaji referensi dan diskusi mengenai ekosistem pantai dan manfaatnya
• Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.
• Mendiskripsikan cuaca dan iklim.
• Mengidentifikasi tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).
• Menjelaskan pengertian hidrosfer
• Mengidentifikasi perairan darat.
• Mengidentifikasi perairan laut
• Mengidentifikasi manfaat air bagi kehidupan
• Menafsirkan pengertian zona ekonomi ekskusif dan menunjukannya pada peta
• Mendiskripsikan pengertian pantai dan pesisir
• Mendiskripsikan ekosistem pantai dan manfaatnya bagi kehidupan.
• Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta.

Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka Peta Indonesia
Atlas
LKS
• Buku IPS yang relevan
Peta arah angin muson di Indonesia
Gambar-gambar.

Standar Kompetensi : 5. Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.

Kompetensi
Dasar Pendidikan
Karakter Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
5.1 Mendeskripsikan perkem-bangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya. • Religius
• Percaya diri
• Berpikir logis
• Patuh terhadap aturan social
• Melestarikan lingkungan
• Nilai kebangsaan
Perkembangan pengaruh Hindu-Budha di Indonesia
a. Perkembangan agama dan kebudayaan Hindhu-Budha di Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tenggara serta persebarannya di berbagai Daerah di Indonesia

b. Perkembangan kerajaan yang bercorak Hindhu-Budah di Indonesia


c. Peninggalan masa kerajaan Hindhu-Budha


Membaca referensi dan mengamati atlas sejarah tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu Buddha di Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tenggara serta persebarannya di berbagai Daerah di Indonesia

Membaca referensi dan mengamati gambar menyusun secara kronologi perkembagan kerajaan yang bercorak Hindhu-Budah di Indonesia

Mengamati gambar untuk mengenal peninggalan –peninggalan sejarah kerajaan –kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia



• Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tenggara serta persebarannya di berbagai Daerah di Indonesia

• Menyusun kronologi perkembangan kerajaan yang bercorak Hindhu-Budah di Indonesia

• Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia



Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka • Buku IPS yang relevan
Atlas sejarah
Foto dan gambar
Benda reflika
Museum

Situs sejarah
5.2 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta pening-galan-pening-galannya. • Religius
• Percaya diri
• Berpikir logis
• Patuh terhadap aturan social
• Melestarikan lingkungan
• Nilai kebangsaan
Proses perkembangan pengaruh Islam di Indonesia
a. Proses masuk dan berkembangnya Agama dan kebudayaan Islam di Indonesia



b. Perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia


c. Peninggalan sejarah yang bercorak Islam


Mengamati peta dan gambar-gambar untuk mendeskripsikan masuk dan berkemangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia



Dengan membaca referensi membahas perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia

Dengan mengamati gambar-gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia.



Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama kebudayaan Islam di Indonesia




• Menyusun kronologi perkem-bangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia

• Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam diberbagai daerah

Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka • Buku IPS yang relevan

Atlas
Sejarah

Foto
/gambar peniggalan bercorak Islam

Ensiklopedi
Islam

Musium

Situs sejarah

• Buku IPS yang relevan


5.3 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa • Religius
• Jujur
• Berjiwa usaha
• Menghargai karyaprestasi orang lain
• Peduli social
• Nilai-nilai kebangsaan Perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan politik masa kolonial Eropa
a. Posisi Indonesia dalam jalur perdagangan dan pelayaran Asia eropa


b. Kedatangan bangsa barat dan perubahan jalur perdagangan



Membaca buku referensi tentang Posisi Indonesia dalam jalur perdagangan dan pelayaran Asia eropa

Membaca referensi tentang Kedatangan bangsa barat dan perubahan jalur perdagangan




Menjelaskan Posisi Indonesia dalam jalur perdagangan dan pelayaran Asia eropa


Mendiskripsikan Kedatangan bangsa barat dan perubahan jalur perdagangan

Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka • Buku IPS yang relevan

Atlas Sejarah

Foto/ gambar



Standar Kompetensi : 6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat.

Kompetensi
Dasar Pendidikan
Karakter Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar

6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
• Religius
• Jujur
• Bertanggung jawab
• Disiplin
• Kerja keras
• Mandiri
• Patuh pada aturan sosial
• Melestarikan lingkungan
Pola penggunaan lahan dan kegiatan ekonomi masyarakat
a. Pengertian lahan


b. Bentuk penggunaan lahan


c. Pola pemukiman penduduk


d. Kegiatan ekonomi penduduk



Tanya jawab mengenai pengertian lahan

• Mencari informasi dari buku sumber atau media belajar lain tentang bentuk penggunaan lahan

• Mengamati gambar dan tanya jawab tentang pola permukiman penduduk.


• Mengamati gambar dan Tanya jawab tentang kegiatan ekonomi penduduk.




• Menjelaskan pengertian lahan


• Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.

• Mendeskripsikan pola permukiman penduduk


• Mendeskripsikan kegiatan ekonomi penduduk
Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka •
• Gambar kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.

• Gambar pola-pola permukiman penduduk.
• Peta persebaran permukiman penduduk.
• LKS
• CD
• Buku IPS yang relevan


6.2. Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa












• Religius
• Jujur
• Bertanggung jawab
• Disiplin
• Kerja keras
• Mandiri
• Patuh terhadap aturan sosial

Kegiatan pokok ekonomi
a. Pengertian kegiatan ekonomi



b. Hubungan antara konsumsi, produksi, dan distribusi

c. Produksi


d. Konsumsi


e. distribusi
Membaca buku referensi dan mendiskusikan pengertian dan
macam- macam kegiatan
pokok ekonomi


Mendiskusikan hubungan antara konsumsi, produksi dan sidtribusi


Mengamatai dan Tanyajawab yang berkaitan dengan produksi

Mengamati dan Tanyajawab yang berkaitan dnegan kegiatan konsumsi

Tanyajawab tentang kegiatan distribusi
• Mendefinisikan penger-
tian dan macam-macam
kegiatan ekonomi.


Mengidentifikasi hubungan antara konsumsi, produksi dan sidtribusi
Mendiskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa

Mendiskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa

Mendiskripsikan kegiatan distribusi barang dan jasa Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka • Buku IPS yang relevan

di sekitar
MTs

Sentra-sentra
usaha yang
ada di sekitar
MTs dan
masyarakat
tempat tinggal
siswa keluarga

Jalan raya
Pasar
Lingkungan MTs
• Buku IPS yang relevan


6.3. Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
• Religius
• Jujur
• Bertanggung jawab
• Disiplin
• Kerja keras
• Mandiri
• Patuh terhadap aturan sosial
Perusahaan dan badan usaha
a. perbedaan badan usaha dengan perusahaan


b. Jenis perusahaan menurut lapangan usaha


c. Jenis badan usaha


Membaca referensi dan mendiskusikan perbedaan badan usaha dengan perusahaan

Mengidentifikasi jenis-jenis perusahaan menurut lapangan usaha


Mengidentifikasi jenis badan usaha menurut tanggungjawab pemiliknya
Menjelaskan perbedaan badan usaha dengan perusahaan


Mendiskripsikan jenis-jenis perusahaan menurut lapangan usaha

Mendiskripsikan jenis badan usaha menurut tanggungjawab pemiliknya Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka
• Buku IPS yang relevan
Koperasi / kantin
MTs

Pasar

BUMN/
BUMS yang
ada di wila-yah masing-masing daerah
















6.4. Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
• Religius
• Jujur
• Bertanggung jawab
• Disiplin
• Kerja keras
• Mandiri
• Patuh terhadap aturan sosial
• Berjiwa wirausaha
• Menghargai karya orang lain
• Melestarikan lingkungan
• Patriotis Kreativitas dalam kehidupan ekonomi
a. pengertian kreatif



b. pengertian mandiri

Mendiskusikan pengertian kreatif dan contoh aplikasinya dalam tindakan ekonomi

Mendiskusikan pengertian mandiri, kemandirian dan usaha-usaha yang dilakukan agar mampu melakukannya


• Mendefinisikan pengertian kreatif dan menunjukan hasil gagasan kreatif

• Menunjukan kemampuan untuk kemandirian

Tes tertulis, tes lisan, penugasan 2 x tatapmuka • Buku IPS yang relevan
Gambar-gambar hasil kreatifitas




Cimahi, Juli 2011
Kepala MTs Nurul Falah Cimahi Guru Mata Pelajaran,






Marthono, S.Ag Yudi Yudiarputra, S.Pd
NIP.195204121988031001 NIP. 197105292006041004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar