Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun untuk Menumbuhkan Perkembangan Kognisi Anak

Cara mendidik anak usia 4 tahun
Cara Mendidik Anak

Yudiarputra - Diusia 4 tahun Seorang anak benar-benar sangat cepat tumbuh kembangnya. Untuk itu agar Ayah dan Bunda bisa memaksimalkan Tumbuh kembang  anak sesuai dengan yg diharapkan . Pada tahap anak di Usia 4 tahun ini, sering atau sesekali anak masih akan terlihat seperti sangat sulit diatur dan tidak jarang juga membuat ayah dan Bundanya frustrasi.

Oleh karena itu, sebagai orangtua, Ayah dan Bunda harus tahu bagaimana cara mendidiknya dengan baik sesuai dengan usianya saat ini.

Berikut ini ada 4 Solusi yang bisa dilakukan: 

1. Mengajarkan Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Hal ini untuk melatih motorik kasar anak. Motorik kasar anak usia 4 tahun di antaranya meliputi: melompat, membuka  dan menutup tuas pintu, melompat, melenting, berputar, melempar, mengayuh pedal sepeda roda tiga, memegang bola Tenis meja dan seterusnya.

Selain Itu aktivitas fisik menyenangkan seperti  misalnya: bermain di taman atau di beranda rumah, menggenjot mobil-mobilan berpedal dan seterusnya.

2. Mengajarkan Anak beraktivitas Rutin 

Aktivitas rutin ini seperti memakai baju sendiri, merapikan mainan, cuci tangan  dan seterusnya. Tujuan untuk semua ini  untuk melatih motorik halus anak. Contoh – contoh Motorik halus di usia 4 tahun di antaranya: mengancingkan baju,memakai kaos kaki,  menjiplak bentuk di atas kertas, menulis huruf, menggambar gelombang, memakai kertas memakai  gunting dan lainnya.

3. Mengajarkan Anak  Bermain Kartu Bermain, Kartu Membaca dan Kartu Berhitung dan mendengarkan dongeng atau cerita

Tujuannya untuk menumbuhkan perkembangan kognisi anak. Perkembangan kognisi usia 4 tahun meliputi: mengenal bentuk, ukuran dan warna, mengenal panjang-pendek,jauh – dekat, besar-kecil dan jenis kelamin, menghitung sampai angka 20, dan seterusnya.

4. Membantu Anak Memilih Kata yang Tepat dalam Berbicara

Anak diusia 4 tahun kadang masih bingung menyampaikan maksudnya dan suka bilang “Mmm...” sambil berpikir. Hal ini bertujuan membantu perkembangan bicara anak, yang di usia 4 tahun meliputi: mengikuti kalimat sederhana seperti “Pergi ambil sepatu dan mainan kamu”,bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas kecuali beberapa huruf seperti r,masih belum jelas kedengarannya masih seperti mengucapkan kata l dan  bertanya tentang arti suatu kata dan lainnya.

5. Menolong Anak Mengatasi Tantrum 

Tantrum adalah reaksi marah yang meledak-ledak khas anak, Seperti berteriak teriak, berguling di lantai atau memukul apa yg didekatnya serta melempar barang yang ada di tangannya.

Di usia 4 tahun perkembangan emosi anak dan sosial anak meliputi: memperlihatkan beragam ekspresi emosi yang lebih banyak dibanding usia 3 tahun, belajar saling berbagi, bekerja sama dan menolong, berlaku “Bossy” dan seterusnya.

Beberapa solusi untuk mengatasi tantrum pada anak Usia 4 tahun adalah: orangtua tetap tenang dan tidak terpancing emosi, menggendong dengan lembut dan penuh sayang,  mengalihkan perhatian ke hal hal yg menarik.

Ajaklah bicara setelah anak berhenti tantrum keinginan anak pada hal lain dan konsisten dalam menangani tantrum dengan cara tidak mengabaikannya. Salam Smart Parents.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun untuk Menumbuhkan Perkembangan Kognisi Anak"